3 Percakapan Bahasa Arab Sehari-hari dan Artinya

3 Percakapan Bahasa Arab Sehari-hari dan Artinya

Hallo Sahabat Mufradat yang berbahagia, pertemuan kali ini saya akan mengulas mengenai Percakapan Bahasa Arab Tentang Kehidupan Sehari-Hari. Untuk artikel sebelumnya saya memposting tentang Percakapan Anggota Keluarga dan Percakapan ta'aruf atau perkenalan. Jika anda belum membacanya silahkan baca terlebih dahulu untuk menambah wawasan Anda.
Nah langsung saja ke inti pemabahasanya mari simak penjelasan berikut ini :


Percakapan bahasa arab sehari hari dan artinya

  • Percakapan Pertama

مَتَى تَسْتَيْقِظَ ؟
طَارِق
Kapan kamu bangun tidur? Thariq
. أَسْتَيْقِظُ عِنْدَ الفَجْرِ
طَاهِر
Aku bangun di waktu fajar. Thahir
أَيْنَ تُصَلِّي الفَجْرَ ؟
طَارِق
Dimana kamu shalat Fajar (Subuh)? Thariq
. أُصَلِّي الفَجْرَ فِي المَسْجِدِ
طَاهِر
Aku shalat Fajar (Subuh) di masjid. Thahir
هَلْ تَنَامُ بَعْدَ الصَّلَاةِ ؟
طَارِق
Apakah kamu tidur (lagi) setelah shalat? Thariq
. لَا، لَا أَنَامُ بَعْدَ الصَّلَاةِ
طَاهِر
Tidak, aku tidak tidur lagi setelah shalat? Thahir
مَاذَا تَفْعَلُ بَعْدَ الصَّلَاةِ ؟
طَارِق
Apa yang kamu kerjakan setelah shalat? Thariq
. أَقْرَأُ القُرْآنَ
طَاهِر
Aku membaca Al-Quran. Thahir
وَمَتَى تَذْهَبُ إِلَى المَدْرَسَةِ ؟
طَارِق
Dan kapan kamu pergi ke sekolah? Thariq
. أَذْهَبُ السَّاعَةَ السَّابِعَةَ
طَاهِر
Aku berangkat jam 7 (tujuh). Thahir
هَلْ تَذْهَبُ بِالسَّيَّارَةِ ؟
طَارِق
Apakah kamu pergi dengan mobil? Thariq
. لَا، أَذْهَبُ بِالحَافِلَةِ
طَاهِر
Tidak, aku pergi dengan bis. Thahir

  • Percakapan Kedua

. هَذَا يَوْمُ العُطْلَةِ
الأُمُّ
Ini adalah hari libur. Ibu
. هَذَا يَوْمُ العَمَلِ
الأَبُ
Ini adalah hari kerja. Ayah
وَمَاذَا سَتَفْعَلُ يَا طِارِقُ ؟
الأُمُّ
Dan apa yang akan kamu kerjakan ya Thariq? Ibu
. سَأَكْنُسُ غُرْفَةَ الجُلُوْسِ
طَارِقٌ
Aku akan menyapu ruang keluarga. Thariq
وَمَاذَا سَتَفْعَلِيْنَ يَا فَاطِمَةُ ؟
الأُمُّ
Dan apa yang akan kamu kerjakan ya Fathimah? Ibu
. سَأَكْنُسُ غُرْفَةَ النَّوْمِ
فَاطِمَةُ
Aku akan menyapu kamar tidur. Fathimah
وَمَاذَا سَتَفْعَلُ يَا أَحْمَدُ ؟
الأُمُّ
Dan apa yang akan kamu kerjakan ya Ahmad? Ibu
. سَأَغْسِلُ المَلَابِسَ
أَحْمَدُ
Aku akan mencuci pakaian. Ahmad
وَمَاذَا سَتَفْعَلِيْنَ يَا لَطِيْفَةُ ؟
الأُمُّ
Dan apa yang akan kamu kerjakan ya Lathifah? Ibu
. سَأَكْوِي المَلَابِسَ
لَطِيْفَةٌ
Aku akan menyetrika pakaian. Lathifah
. أَنَا سَأَغْسِلُ الأَطْبَاقَ
الجَدَّةُ
Aku akan mencuci piring. Nenek
. وَأَنَا سَأَقْرَأُ القُرْآنَ
الجَدُّ
Dan aku akan membaca Al-Quran. Kakek

  • Percakapan Ketiga

مَتَى تَسْتَيْقِظُ يَوْمَ العُطْلَةِ ؟
عَادِلٌ
Kapan kamu bangun tidur pada hari libur? Adil
أَسْتَيْقِظُ مُبَكِّرًا . وَمَتَى تَسْتَيْقِظُ أَنْتَ ؟
فَيْصَلُ
Aku bangun tidur pagi-pagi. Dan kamu, kapan bangun tidur? Faishal
. أَسْتَيْقِظُ مُتُأَخِّرًا
عَادِلٌ
Aku bangun tidur terlambat (kesiangan). Adil
مَاذَا تَفْعَلُ فِي الصَّبَاحِ ؟
فَيْصَلُ
Apa yang kamu kerjakan di pagi hari? Faishal
أُشَاهِدُ التِّلْفَازَ . وَمَاذَا تَفْعَلُ أَنْتَ ؟
عَادِلٌ
Aku menonton televisi. Dan apa yang kamu kerjakan? Adil
. أَقْرَأُ صَحِيْفَةً أَوْ كِتَابًا
فَيْصَلُ
Aku membaca koran atau buku. Faishal
أَيْنَ تُصَلِّي الجُمُعَةَ ؟
عَادِلٌ
Dimana kamu shalat Jum'at? Adil
أُصَلِّي الجُمُعَةَ فِي المَسْجِدِ الكَبِيْرِ . وَأَيْنَ تُصُلِّي أَنْتَ ؟
فَيْصَلُ
Aku shalat Jum'at di masjid raya. Dan dimana kamu shalat (Jum'at)? Faishal
. أُصَلِّي فِي المَسْجِدِ الكَبِيْرِ أَيْضًا
عَادِلٌ
Aku shalat (Jum'at) di masjid raya juga. Adil

Nah berikut itulah 3 contoh percakapan Bahasa Arab Tentang Kehidupan Sehari-Hari, Semoga dapat bermanfaat dan membantu anda yang sedang belajar bahasa arab. Selamat belajar dan semoga sukses. Jangan lupa baca juga artikel 170 Kosakata Kata Kerja Bahasa Arab dalam Al-Qur'an dan Artinya
Previous
Next Post »